Kunjungan Jusuf Kalla ke Negara Islam Afganistan: Taliban Bukan Teroris, Mereka Berjuang untuk Negerinya

Kunjungan Jusuf Kalla ke Negara Islam Afganistan: Taliban Bukan Teroris, Mereka Berjuang untuk Negerinya

Sebagaimana diungkapkan JK, dalam kunjungan ini dirinya diminta Pemerintah Afganistan untuk menyampaikan kepada dunia luar bahwa mereka siap menjalin kerja sama yang baru dan membuka diri. Termasuk bekerja sama dengan negara-negara Barat serta Amerika Serikat yang pernah menjadi seteru mereka selama 20 tahun.

Read More

Intinya, tampak jelas bahwa Pemerintah Afganistan yang dikuasai Taliban sedang berupaya keras mengubah wajahnya di dalam negeri agar cara pandang dunia pada mereka juga berubah. Dalam konteks inilah mereka berharap JK bisa memainkan peran sebagai tokoh perdamaian dunia.

Pemerintah Afganistan juga meminta JK untuk menceritakan pengalamannya selama berada di negara berpenduduk 42 juta jiwa tersebut yang jauh dari anggapan dunia selama ini. Khususnya soal keamanan dalam negeri serta terbatasnya ruang gerak warga yang selama ini selalu menjadi kritikan dunia internasional.

JK sendiri mengaku sempat berjalan-jalan selama berada di Afganistan dan merasakan gairah yang tinggi dari warganya. Pria berusia 82 tahun itu juga merasakan kemacetan lalu lintas serta mulai jarangnya pos-pos penjagaan bersenjata lengkap di sudut-sudut kota. Secara perlahan kaum perempuan juga mulai mengisi posisi yang sebelumnya dimonopoli pria.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *